Wednesday, January 20, 2016

Muku Loto Makanan Khas Nagekeo

Muku Loto



Muku Loto adalah sebuah nama makanan yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur khususnya daerah Nagekeo . Muku Loto sudah ada dari zaman leluhur dimana makanan itu bisa dibuat pada acara - acara adat di Nagekeo . Akan tetapi untuk saat ini bisa di gunakan tidak hanya di acara - acara adat melainkan pada acara pesta perkawinan maupun acara pesta penerimaan komuni pertama .

Muku Loto adalah makanan yang sangat di sukai masyarakat Nagekeo , selain bahan bakunya mudah di dapat Muku Loto juga mudah di masak . Muku Bearti pisang sedangkan Loto ialah hancur oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa muku loto ialah masakan yang terbuat dari pisang . Bahan bakunya ialah buah pisang yang muda , batang pisang dan dagingnya .

 Pembuatanuya yaitu pisang muda di kupas kulitnya akan tetapi bagian luarnya saja dan masih meninggalkan kulit dalam yang berwarna hijau sesudah itu di potong menjadi kecil - kecil ( di cincang ) dengan ukuran 3 cm . Pisang dan daging sapi yang di cincang - cincang di rebus dalm wajan sambil di aduk hingga texturnya menjadi lembut , sedikit mengental dan warnanya menjadi keabu - abuan . ini memakan waktu yang tidak begitu lama untuk membutnya sehingga makanan seperti ini menjadi menu faforit para tamu undangan selain rasanya yang lezat dan juga gurih, muku loto sangat enak atau sedap baunya.

setiap ada acara adat di nagekeo atau acara pesta pasti anda akan dengan mudah untuk menemukan makanan yang satu ini.


  • Bahan-bahan

  1. Pisang muda dikupas kulit warna hijaunya
  2. Jeroan sapi
  3. Batang pisang muda
  4. Bumbu
  5. Bawang merah 5 buah
  6. Kencur secukupnya
  7. Bawang putih 3 siung
  8. Gula merah 1 sendok teh
  9. Garam 2 sendok teh
  10. Lombok rawit 5 biji
  11. Daun salam 2 lembar
  • Cara Membuat
  1. Buah pisang yang sudah dikupas ini dipotong-potong dengan ukuran kurang lebih 3 cm.
  2. Buah pisang ini direbus bersama jeroan sapi.
  3. Semua bumbu dimasukkan sekaligus pada saat direbus.
  4. Pada saat pisang sudah empuk, seluruhnya diaduk-aduk (sesu) dalam wajan dengan batang pisang muda. Muku loto akan sedikit mengental.
  5. Saat warnanya sudah berubah menjadi agak abu, angkat dan siap disajikan.

No comments:

Post a Comment